11 Jenis-Jenis Bahan Kaos

Saat mengenakan kaos, tahukah Anda terbuat dari jenis bahan apa kaos yang anda kenakan. Untuk yang satu ini, tidak semua orang tahu jawabannya. Karena sebagian dari kita tidak terlalu peduli tentang jenis bahan apa kaos tersebut dibuat. Yang terlintas adalah bila kaos yang di kenakan cocok dan nyaman, segala aktivitas sehari-hari pun berjalan lancar.

Terkadang pula ada yang asal memakai karena model dan warna cocok dengan style mereka. Setelah di pakai bahan yang di pakai terasa risih dan tidak nyaman, akibatnya kaos yang sudah dibeli pun tidak terpakai. Sangat di sayangkan bukan? Bukan berarti itu pasti di alami semua orang loh sahabat. Terdapat juga sebagian orang yang sangat memerhatikan terbuat dari bahan apa kaos yang di kenakan,sehingga pemakai nyaman agar kepercayan diri meningkat.

Itulah kenapa mengenal jenis jenis bahan kaos sangat di anjurkan, selain bertujuan untuk faktor kenyamanan, keindahan pun akan anda dapatkan karena ketepatan memilih warna dan bahan kaos yang akan kenakan. Apalagi bagi anda yang ingin menekuni dunia usaha konveksi, atau membuat brand kaos sendiri. Ada baiknya bila anda mengetahui lebih dulu jenis jenis bahan apa saja yang di pakai untuk pembuatan kaos.

Baca juga Inilah 10+ Bahan Kaos Olahraga Terbaik yang Bisa Anda Pakai

Nah, kali ini kami akan membahas lebih detail jenis jenis bahan apa saja yang biasanya di pakai untuk pembuatan kaos. Sehingga saat anda ingin memproduksi kaos, anda tidak akan keliru dan kecewa dengan hasil yang di dapat. Begitupun dengan anda yang ingin membeli kaos untuk kebutuhan sandang, anda jadi lebih tau jenis bahan kaos apa yang cocok anda pakai dan nyaman anda gunakan.

Daftar Isi :

  1. Bahan Cotton Combed(Katun Combed)
  2. Bahan Cotton Carded (Katun Carded)
  3. Bahan Viscose
  4. Bahan Cotton Viscose
  5. Bahan Polyester (PE)
  6. Bahan Hyget (Spandek)
  7. Bahan Teteron Cotton (TC)
  8. Bahan Cotton Slup
  9. Bahan Cotton Tri-Blend
  10. Bahan Cotton Bamboo
  11. Bahan Cotton Supima

Jenis-Jenis Bahan Kaos

  1. Bahan Cotton Combed (Katun Combed)

Cotton Combed jenis jenis bahan kaos

Kain Cotton Combed

Jenis bahan ini terbuat dari serat kapas, serat tersebut memiliki karakteristik benang yang lebih halus di bandingkan dengan bahan yang lain, tidak berbulu dan hasil rajutannya pun lebih bagus di banding yang lain. Cotton Combed memiliki beberapa jenis kain, mulai dari 20s, 24s,30s, dan 40s. Semakin besar angka maka semakin tipis bahan kainnya.

Semakin kecil angka, semakin tebal pula bahan kainnya. Karena bahannya yang halus dan rajutannya yang bagus, tidak heran bila kaos dengan bahan kain cotton combed ini memiliki harga yang lumayan mahal. Umumnya, kaos yang di jual di Distro dengan bahan Cotton Combed memiliki tebal kain 20s,dan 30s. Ketebalan yang lainnya biasanya digunakan untuk kaos khusus wanita atau pakaian dalam.

Cotton Combed memiliki sifat dan ciri-ciri khusus. Yaitu :

  • Hasil rajutan yang rata dan tidak berbulu
  • Serat benang yang sangat halus
  • Nyaman digunakan karena mudah menyerap keringat
  • Bahan kain yang halus dan lembut
  • Tidak mudah kusut
  • Mudah saat proses sablon
  1. Bahan Cotton Carded (Katun Carded)

Cotton Carded jenis jenis bahan kaos

Kain Cotton Carded

Cotton Carded adalah jenis kain yang menggunakan benang carded dan komposisi nya pun sama yaitu 100% cotton atau kapas. Untuk mendapatkan benang Carded, kapas diolah melalui proses Carding atau digaruk menggunakan mesin carding.

Jenis bahan ini hampir sama dengan Katun Combed, yang juga memiliki beberapa jenis kain yaitu 20s, 30s dan yang lain. Yang menjadi perbedaan adalah serat benang yang tidak terlalu halus, dan hasil rajutan kurang rata dari pada Katun Combed.

Biasanya jenis bahan kaos ini di produksi dengan target pasar menengah. Karena jenis bahan Kain Carded ini di jual dengan kisaran harga yang lebih murah di banding Katun Combed. Meskipun harganya cukup murah, kaos dengan bahan ini nyaman di gunakan karena terbuat dari kapas alam.

Ciri ciri khusus dari Katun Carded yaitu :

  • Tidak mudah kusut dan luntur
  • Tekstur bahan cenderung kasar
  • Hasil rajutan yang kurang rata dan halus
  • Tidak panas karena mudah menyerap keringat
  • Mudah saat proses penyablonan
  1. Bahan Viscose

Viscose jenis jenis bahan kaos

Kain Viscose

Bahan Viscose ini biasanya sering disebut dengan bahan rayon. Yaitu sebuah bahan serat sintesa selulosa organic (buatan manusia). Salah satu keunggulan dari viscose ini adalah kain yang berkilau seperti sutra sedangkan rayon biasa tidak mengkilap, karena kelebihan tersebut banyak yang menyebut visoce ini KWnya kain sutra (sutera sintetis). Tekstur dari bahan ini hampir sama dengan tekstur kapas yang memiliki tekstur lembut bahkan lebih lembut dari tekstur kapas.

Bahan viscose ini juga menimbulkan kesan mewah karena warna yang cerah dan tekstur yang lembut. Harganya yang cukup mahal yang membuat bahan viscose ini jarang di temui di pasaran. Keunggulan dari bahan ini adalah tahan pada kelembapan yang tinggi dan tekstur yang lebih halus dari kapas.

Karakteristik dan Ciri-Ciri Bahan Kain Viscose : 

  • Tekstur Serat yang lembut dan dingin di kulit
  • Tidak menyebabkan panas, tidak mudah gerah
  • Memiliki Kemampuan Penyerapan Warna yang baik
  • Bahan kain kuat dan tidak mudah rusak
  • Bahan yang ringan, membuat nyaman dipakai
  • Harganya pun relatif lebih murah.
  1. Bahan Cotton Viscose (CVC)

Cotton Viscose jenis jenis bahan kaos

Kain Cotton Viscose

Jenis bahan ini terbuat dari campuran Cotton Combed 55% dan Viscose 45%. Kelebihan dari bahan ini adalah memiliki susut pola (shrinkage) yang lebih kecil di bandingkan dengan bahan Cotton. Bahan ini juga mampu menyerap keringat dengan baik sehingga nyaman saat di kenakan.

 

  1. Bahan Polyester (PE)

Polyester jenis jenis bahan kaos

Kain Polyester

Jenis kain ini terbuat dari bahan sintetis hasil dari minyak bumi yang berupa fiber poly. Kain ini terasa panas saat di gunakan karena bahannya yang tidak mudah menyerap keringat. Bahan Kaos PE menjadi salah satu solusi pembuatan kaos dengan budget terbatas. Jenis bahan kaos ini kerap digunakan untuk bahan kaos promosi, seperti Kaos Partai, dan Kaos Pemilu karena harganya yang paling murah dibanding jenis bahan kaos lainnya.

Ciri-ciri dari bahan Polyester yaitu :

  • Bila terkena makanan, noda akan sulit di hilangkan
  • Bahan PE biasanya sering di campur dengan bahan yang lain, seperti bahan linen, katun, atau viscose
  • Kaos bahan Polyester lebih tahan lama saat di rendam
  • Serat yang lentur
  • Awet dan tidak mudah berkerut
  • Penyerapan keringat buruk
  • Dapat menimbulkan iritasi
  • Memiliki ketahanan terhadap bahan kimia
  • Mudah terbakar
  • Mudah kering
  • Menahan Panas
  • Anti kuman, jamur, dan bakteri
  1. Bahan Hyget (Spandek)

Hyget jenis jenis bahan kaos

Kain Hyget

Selanjutnya adalah jenis kain Hyget (Spandek). Bahan kain hyget adalah salah satu jenis bahan kaos yang terbuat dari kombinasi antara polyester dan cotton. Jenis kain ini tidak terlalu tebal, biasanya jenis hyget lebih tipis dibanding jenis bahan kaos lainnya dan jenis kain ini lebih murah dibanding jenis bahan kaos lainnya seperti combed, carded, bahkan bahan kaos PE.

Bahan Hyget ini sifatnya cukup elastis. Karena itulah kain jenis Hyget ini di bandrol harga yang murah. Kain Hyget ini biasanya di pakai untuk pembuatan kaos kampanye.

Karakteristik kain ini tidak memiliki daya serap yang bagus. Jika digunakan untuk pakaian si pengguna akan merasa lebih panas, kalau digunakan ketika cuaca sedang terik

  1. Bahan Teteron Cotton (TC)

Teteron Cotton jenis jenis bahan kaos

Kain Teteron Cotton

Teteron Cotton (TC) adalah jenis kain yang terbuat dari campuran serat alami dan serat buatan. Jenis seratnya terdiri dari 65% Polyester dan 35% Cotton Combed. Dengan sifat yang hampir sama dengan kain jenis Polyester. Yaitu panas saat di kenakan, dan sulit menyerap keringat. Keunggulannya adalah kain jenis TC ini tidak mudah kusut dan luntur meskipun pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

Keunggulan lain dari jenis kain ini tentu saja memilki range harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis kain Cotton. Biasanya jenis bahan ini digunakan untuk pembuatan kaos promosi, kaos partai, atau kaos olahraga dengan harga yang relatif murah.

  1. Bahan Cotton Slup

Cotton Slub jenis jenis bahan kaos

Kain Cotton Slub

Jenis kain yang satu ini memiliki ciri khas yaitu tekstur permukaan yang sengaja di buat tidak merata. Jadi saat penenunan, bahan katun di pelintir sehingga membentuk permukaan yang tidak rata. Jenis kain ini lembut karena terbuat dari bahan katun atau kapas.

 

  1. Bahan Cotton Tri-Blend

Cotton Tri Blend jenis jenis bahan kaos

Kain Cotton Tri Blend

Jenis bahan kaos ini terbuat dari 3 kombinasi serat. Yaitu katun , rayon dan polyester. Dengan masing masing katun 25%, rayon 25%, polyester 50%. Cotton Tri-Blend memiliki sifat yaitu lembut, tidak mudah kusam, serta cukup lentur.

  1. Bahan Cotton Bamboo

Cotton Bamboo jenis jenis bahan kaos

Kain Cotton Bamboo

Jenis bahan kaos yang satu ini sangat nyaman di gunakan karena terbuat dari bahan alami. Keunggulan dari cotton bamboo ini adalah bahannya yang lembut, mudah menyerap keringat dan adem saat di kenakan. Jadi cocok sekali di pakai untuk bahan pembuatan kaos.

  1. Bahan Cotton Supima

Cotton Supima jenis jenis bahan kaos

Kain Cotton Supima

Bahan kaos ini merupakan bahan yang terbuat dari benang cotton superior yang berasal dari kapas pima. Sedangkan kapas pima ini berasal dari perkebunan wilayah Amerika Serikat (Pima). Jadi bahan kaos ini di namakan Cotton Supima atau superior pima.

Di atas tadi adalah beberapa ulasan dari berbagai jenis bahan yang biasanya di gunakan untuk pembuatan kaos. Setiap jenis bahan pastinya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Anda bisa memilih bahan mana yang cocok dan nyaman saat anda kenakan dan tentunya tidak membebani keuangan anda.

Bagi Anda yang sekarang ini ingin membuat kaos dengan desain sendiri, Anda sekarang berada tempat yang tepat. Karena kami Green Garment Indonesia siap membatu Anda mewujudkan desain kaos sesuai yang Anda inginkan, baik untuk acara event, gatering, perusahaan, komunitas, kaos kelas, dll.

Berdiri sejak tahun 2014, lebih dari 5 tahun menjadi modal kami untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada customer kami. Janganlah ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan customer service kami, team kami akan selalu membatu Anda, memberikan solusi terbaik untuk pembuatan kaos sesuai kebutuhan Anda.

Semoga artikel ini bisa anda jadikan referensi nantinya dan bermanfaat untuk anda.